Langsung ke konten utama

SISI BAIK DAN BURUK DI DUNIA MAYA


Bicara tentang dunia maya atau lebih dikenal internet hal ini membuat kita ingin lebih mengenal dan lebih mendekati kedalam nya. di dunia maya banyak hal yang bisa kita dapat mengenai sumber-sumber mulai dari ilmu pengetahaun alam, kebudayaan, permasalahan kepribadian pun di bahas di dunia maya ini. dengan mengklik icon IE atau mozilla fireFox di komputer kita sebagai web browser nya kita bisa berselancar ke link-link yang telah terdapat dibeberapa host di belahan dunia. ini bisa dilakukan apabila kita terkoneksi ke jaringan dunia atau yang lebih di kenal dengan sebutan INTERNET "international network".

Internet merupakan kebutuhan yang sekunder bagi khalayak ramai, dan ada beberapa sebagian orang merupakan kebutuhan primer. begitulah peran dari internet pada saat ini. hampir lebih dari separuh masyarakat di dunia ini berinterksi dengan internet. dampak internet sangat mempengaruhi sisi mental, tingkah laku dan kedewasaan dari anak tersebut. hal ini bisa bertolak belakang dari apa yang diharap kan oleh orang tua terhadap perkembagan anak nya.

Namun kita sebagai user yang selalu berinteraksi dengan internet juga memperhatikan sisi baik dan sisi buruk dari dampak dunia maya ini, baik untuk diri sendiri maupun terhadap orang lain. Namun yang perlu di perhatikan adalah bagaimana kita menggunakan media ini sesuai dengan kebutuhan kita. ada sebagian orang penggunaan internet hanya sebagai hiburan semata, misal hanya sebatas cathing, ini biasanya sering dilakukan oleh para remaja yang lagi asyik nya berkomunikasi dengan lawan chating nya. namun hal ini perlu pengawasan dan peran dari orang tua agar si remaja tersebut tidak meninggal kan kegiatan wajib nya mengerjakan kegiatan dan tugas-tugas sekolah nya. manusia merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari rasa keingintahuan rasa penasaran yang tidak pernah ada batas kepuasan selama dia masih hidup. sama seperti berselancar di dunia maya ini, rasa ke ingintahuan itu semakin besar apa bila seseorang menemukan suatu hal yang dianggap nya menarik bila menemukan hal baru di dunia maya. pada awal nya hanya sebatas browsing dengan situs-situs informasi atau membuka email, tapi hal itu lama- lama semakin membosankan bagi para user. di sinilah terlihat rasa ke ingin tahuan dari user tersebut.
Banyak beberapa kasus nya di negeri ini terjadi tindakan yang tidak sewajarnya dilakukan oleh anak di bawah umur terhadap lawan jenis nya, seperti tindakan asusila, tindakan kekerasan, serta melakukan penipuan.ini di karenakan akibat dari bembuka situs-situs dewasa yang seharus nya tidak untuk konsumsi bagi mereka. ini terjadi ketika seseorang itu melihat kejadian atau adegan maupun gambar "porn" yang membuat tubuh nya berkeinginan melakukan hal itu kepada orang lain. apalagi tindakan itu sangat tidak terpuji dan melanggar hukum yang ada di negeri ini. ini bisa merusak moral dari sang anak tersebut, bagi korban nya bisa menyebabkan fsikologi dan mental jadi terganggu.

Hal ini lah yang perlu kita perhatikan agar keluarga kita tidak terjerumus dari kebebasan dunia maya ini. disinilah peran penting dari orang tua, untuk melakukan proteksi dari hal tersebut. juga peran dari pendidikan yang mereka peroleh di bangku sekolah nya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KECANDUAN BERSELANCAR DI DUNIA MAYA

”Selamat siang, Bu. Saya tinggal di B, sudah berkeluarga selama delapan tahun dengan anak satu orang. Saya sedang bingung dengan kelakuan suami (36). ”Dari dulu saya tidak pernah menyetujui dia memasang internet di rumah karena takut dia akan kecanduan internet. Benar saja Bu, setiap ada kesempatan di rumah, dia pasti langsung on di internet. Dia juga jadi anggota Friendster, Persport, facebook, Date in Asia, dan lainnya yang saya tidak paham. Di profilnya dia tidak pernah menyebut sudah menikah. Kalau tidak dikosongkan, statusnya diisi domestic partner. Kan, lucu ya, Bu? Yang lebih menyebalkan, dalam profilnya disebut mencari teman perempuan untuk ”beraktivitas”, mencari teman kencan!!! Gila, kan, Bu. Baru kemarin saya iseng buka semua profilnya, saya ganti statusnya dengan ”menikah”. Entahlah dia sadar atau tidak. Saya sampai tidak bisa tidur nyenyak, gelisah, negative thinking terus kepada suami karena begitu saya tidur pasti dia leluasa chatting. Saya pernah menanyakan maksudnya. S

download software

web browser Opera 9.27 MozillaFireFox Multimedia & Aplikasi Winamp 5.12   Winamp 5.52 PDF to office indopreter portable 3gp Convert Portable software ini (indopreter), berguna untuk mentraslit bahasa English to indonesia. ini sangat praktis, karna bisa di aplikasikan pada plash disk, sehingga mempermudah pekerjaan dan tugas yang anda lakukan. VMWare TuneUp2009 Yahoo Messenger 9.0 WinRar 3.20 Multimedia Converter Internet download manager 5.15 Adobe Reader 9.0 Windows 3D Dekstop Effect Convert Video to 3GP Google Earth 2009   K-LiteMegaCodecPack1.47.rar.html